Hukum Foto dan Video - Ustadz Ammi Nur Baits

Description

Hukum Foto dan Video - Ustadz Ammi Nur Baits



anb channel

Video diunggah pada 2020-04-16

Download Video

Hukum foto dan video sempat meresahkan dunia dakwah. Antara pendapat ulama A dan ulama B. Manakah yang rajih di antara keduanya? Lalu muncullah pertanyaan seperti ini. Bagaimanakah hukum memasang photo di sosmed (sosial media)?

Para pemirsa Kostama … hukum upload photo di sosmed sudah dibahas oleh para ulama, apalagi hukum photo maupun rincian hukum video. Terkait hal ini terdapat khilaf di dalamnya dan terdapat proses serta perubahan fatwa dari sebagian masyaikh. (Kita kenal dengan istilah qaul qadim dan qaul jadid). Jelas, hukum memasang foto dalam Islam terdapat rincian. Jika untuk kepentingan resmi seperti membuat KTP atau Paspor, maka yang demikian tidak mengapa. Dan hal ini selaras dengan hukum khilaf ulama yang mu’tabar, beda pendapat ulama itu biasa dan hal ini telah berjalan dari masa lampau hingga masa ini. Adanya perbedaan pendapat, tidak menjadikan mereka saling bermusuhan atau membelakangi.

Jadi, apa hukum memajang photo di rumah? Maka silahkan merujuk kepada fatwa ulama tentangnya. Terkait hukum membuat video dalam Islam, pun telah dijelaskan dengan gamblang. Pemateri menguraikan rincian hukum video Syaikh Fauzan hafizahullah yang menjadi polemik hangat di kalangan penuntut ilmu. Kemudian menyusul pertanyaan, “Bagaimana hukum video ceramah?” Atau “Bagaimana hukum dakwah lewat video, mungkar atau sah-sah saja?”

Pemirsa Kostama, hukum berdakwah lewat video diperbolehkan oleh Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah, menyusul setelahnya Syaikh Ibnu Baz rahimahullah (setelah terjadi pembahasan ilmiah antara beliau dengan Syaikh Ibnu Utsaimin). Sedangkan hukum membuat video dalam Islam, terdapat rincian di dalamnya. Masih dalam bahasan yang sama yakni menyoal hukum foto menurut ulama salaf, seolah tabu untuk dibahas. Mengingat beda pendapat dalam Islam telah terjadi semenjak zaman dahulu. Oleh karena itu, Ustadz Ammi Nur Baits hafizahullah menasehatkan agar kita tidak berlebihan atau bergampangan dalam bab ini, hendaknya kita dewasa dalam menyikapi perbedaan pendapat. Dari uraian ini, sudah Anda ketahui jawaban tentang hukum photo selfie menurut Islam itu bagaimana?

Simak terus video terbaru dari channel ANB, pliss Subscribe, like, dan share video bermanfaat ini, semoga menjadi amal jariyah bagi Anda semua. Barakallahu fikum. Inilah video yang mengandung tema cara mengatasi perselisihan pendapat di kalangan para ulama Ahlussunah wal Jamaah.

#hukumfoto #hukumvideo #bedapendapatulama



ammi, nur, baits, ustadz, Hukum foto dan video, hukum upload photo di sosmed, Hukum photo, hukum video, hukum memasang foto dalam Islam, hukum khilaf ulama, beda pendapat ulama, apa hukum memajang photo di rumah, hukum membuat video dalam Islam, hukum video Syaikh Fauzan, hukum video ceramah, hukum dakwah lewat video, hukum berdakwah lewat video, hukum foto menurut ulama salaf, beda pendapat dalam Islam, ustadz Ammi Nur Baits, hukum photo selfie menurut Islam, ANB

Posting Komentar

Posting Komentar