Catatan #05, HUKUM PUASA SYAWAL SEBELUM QADHA Ustadz Ammi Nur Baits

Description

Catatan #05, HUKUM PUASA SYAWAL SEBELUM QADHA Ustadz Ammi Nur Baits



anb channel

Video diunggah pada 2020-05-30

Download Video

Bolehkah puasa sunah Syawal sebelum qadha?
Keterangan dari Syekh Khalid Al-Mushlih,

“Bismillahirrahmanirrahim.

Ulama berbeda pendapat tentang bolehnya berpuasa sunah sebelum menyelesaikan qadha puasa Ramadan. Secara umum, ada dua pendapat:

Pertama, bolehnya puasa sunah sebelum qadha puasa Ramadan. Ini adalah pendapat mayoritas ulama. Ada yang mengatakan boleh secara mutlak dan ada yang mengatakan boleh tetapi makruh.

Al-Hanafiyah berpendapat, ‘Boleh melakukan puasa sunah sebelum qadha Ramadan karena qadha tidak wajib dikerjakan segera. Namun, kewajiban qadha sifatnya longgar. Ini merupakan salah riwayat pendapat Imam Ahmad.’

Adapun Malikiyah dan Syafi’iyah menyatakan bahwa boleh berpuasa sunah sebelum qadha, tetapi hukumnya makruh, karena hal ini menunjukkan sikap lebih menyibukkan diri dengan amalan sunah sebelum qadha, sebagai bentuk mengakhirkan kewajiban.

Kedua, haram melaksanakan puasa sunah sebelum qadha puasa Ramadan. Ini adalah pendapat Mazhab Hanbali.

Pendapat yang kuat dalam hal ini adalah pendapat yang menyatakan bolehnya puasa sunah sebelum qadha karena waktu meng-qadha cukup longgar, dan mengatakan tidak boleh puasa sunnah sebelum qadha itu butuh dalil. Sementara, tidak ada dalil yang bisa dijadikan acuan dalam hal ini.” (Sumber: http://www.saaid.net/mktarat/12/10-2.htm)



ammi, nur, baits, ustadz, hukum puasa syawal tapi belum ganti puasa, hukum puasa 1 syawal, hukum puasa di bulan syawal, hukum puasa bulan syawal, apa hukum puasa syawalkeutamaan puasa syawal 6 hari, keutamaan puasa syawal adi hidayat, keutamaan puasa di bulan syawal, keutamaan puasa 6 hari dibulan syawal

Posting Komentar

Posting Komentar